Minggu, 08 Januari 2012

membaca

      Membaca

membaca adalah melisan kan lambang-lambang bahasa tulisan

Membaca cepat teks nonsastra  dan menemukan ide pokoknya
Kegiatan membaca tidak bisa di samakan deng an kegiatan fisik. Pekerjaan secara fisik, misalnya: menyapu, mengangkat meja, atau membersih ruangan hanya membutuhkan tubuh yang sehat dan otot kuat. Membaca selain membutuhkan stamina tubuh, juga memerlukan kesiapan mental berupa rasa senang,tenang,kosentrasi,dan situasi (lingkungan) yang mendukung.
Membaca dianggap gagal apabila rangkaian kalimat dan paragraph telah diselesaikan, tetapi tidak sedikitpun informasi dapat dikumpulkan. Membaca dianggap berhasil apabila pembaca mampu  menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi dalam bentuk pengetahuan  yang bisa dimanfaatkan.


Hal-hal yang berkaitan dengan membaca cepat akan dibahas berikut ini :

a.                  Kondisi ideal untuk membaca

Membaca cepat memerlukan kondisi yang ideal. Kondisi atau situasi yang ideal untuk membaca dapat diciptakan dengan hal-hal  berikut ini.
1)      Tumbuhankan rasa senang terhadap kegiatan membaca dengan selalu menyiapkan bacaan-  bacaan yang disukai.
2)      Biasakanlah untuk selalu tenang dalam menghadapi dalam berbagai hal.
3)      Berusahalah untuk tetap menjaga kosentrasi ketika membaca,jauhkan alat atau benda yang mampu mengalihkan perhatian, misalnya: makanan, tempat tidur, televisi, mainan, peralatan olahraga.
4)      Pilih tempat membaca yang terang ( cukup cahaya ), segar, ( sejuk atau tidak panas ),                  hening ( tidak bising atau tidak banyak suara ), dan sepi ( bukan jalur hilir mudik atau orang lewat ).


b.                  Meningkatkan kecepatan membaca

kecepatan membaca juga dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan keseringan ( frekuensi ) membaca  dan menganekaragaman  ( variasi ) bacaan. Keseringan melakukan suatu kegiatan akan membentuk kebiasaan , bahkan menjadi kebutuhan. Sementara itu, penganekaragaman bacaan diharapkan akan mengurangi kebosanan.
Kecepatan dapat dihitung dengan rumus . rumus tersebut adalah sebagai berikut.

     Jumlah kata yang dibaca
jumlah detik untuk membaca       X  60  = Jumlah kata per menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar